Profile
Join date: Mar 10, 2022
About

Pabrik Gula Semboro, 35 km sebelah barat Jember, dibangun pada masa penjajahan Belanda oleh Handles Vereniging Amsterdam (perusahaan swasta Belanda) pada tahun 1921 dengan 2.103 hektar ladang tebu yang tersebar di bagian barat dan utara Jember. Pada masa penjajahan Jepang,

Kegiatan produksi gula dihentikan dan diubah menjadi pabrik soda untuk memenuhi kebutuhan pemerintah Jepang. Beberapa tahun setelah Hari Kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1949, itu menjadi pabrik amunisi untuk menyediakan pasokan bagi para pejuang kemerdekaan Indonesia melawan penjajah yang berusaha untuk menduduki kembali Indonesia.

Dari tahun 1950 sampai 1957 kegiatan penggilingan mulai memproduksi gula yang sudah diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Karena tuntutannya sejak tahun 1978, Pabrik Gula Semboro berusaha meningkatkan produksinya dari 24.000 kw menjadi 54.000 kw per hari.

Pengunjung asing bisa berwisata nostalgia dengan lokomotif uap selama 2 jam dan bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan. Pabrik Gula Semboro berjarak sekitar 120 menit dari pusat kota Jember dan pengunjung dapat menyewa mobil untuk mencapai tujuan ini.

Info: sewa mobil malang

rentalmobil
More actions